Rabu, 13 Maret 2013

How to Learn part 1



Pagi tadi saya mendapatkan kembali pengetahuan berkaitan dengan istilah dalam proses belajar. Berikut uraian singkat yang bisa saya tangkap dan coba jelaskan kembali,..

Berawal dari “learning to know”, ada rasa “curiosity” terhadap hal baru dan mencoba mencari tahu lalu menggali informasi berkaitan dengan hal tersebut kemudian berusaha memahaminya. 

Berlanjut pada “learning to do”, dengan bekal “knowledge” mulai belajar untuk bisa melakukan hal baru tersebut dengan harapan bisa membawa manfaat bagi perkembangan diri dan lingkungan sekitar.

Berkat learning to do, timbul rasa “confident” karena telah berani mencoba dan syukur-syukur jika berhasil. Nah, dari situ timbullah keberanian menunjukkan eksistensi diri  pada orang lain karena telah menjadi diri sendiri. Proses yang ini dikenal dengan “learning to be”.

Dan yang terakhir adalah “learning to live together”, ini merupakan realisasi dari kemampuan yang kita miliki yakni digunakan untuk saling membantu dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sebagai makhluk sosial, maka kita berusaha menciptakan kenyamanan hidup dilingkungan sekitar. Oleh karena itu kita harus sadar di mana kita berada dan coba untuk beradaptasi lalu bersosialisasi.

Afwan, mohon koreksi jika ada kesalahan dan semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar